Cara Mengatasi Gambar Berantakan Tumpang Tindih

cara mengatasi gambar berantakan tumpang tindih

Masalah gambar berantakan atau tumpang tindih antara satu dan lainnya merupakan salah satu isu klasik yang sering terjadi di setiap aplikasi CAD terutama zwcad. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan hal itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya agar bisa normal kembali, mari kita bahas.

Penyebab utama gambar tumpang tindih biasanya karena titik snap pertama pada objek yang akan dibuat memiliki nilai elevasi ( koordinat z tidak dalam titik 0 ). Perubahan nilai elevasi ini terjadi tanpa kita sadari, karena ketika kita menggambar di mode 2 dimensi tentunya hanya menggunakan 2 sumbu; x dan y, dan mengabaikan sumbu z.

Untuk mengetahui apakah gambar yang dibuat memiliki nilai elevasi atau tidak, anda bisa merotasi gambar kerja menggunakan perintah orbit atau dengan menekan tombol shift+scroll mouse. Seperti contoh gambar di bawah ini (objek kotak dan lingkaran memiliki nilai elevasi).

Cara Mengatasi Gambar Berantakan Tumpang Tindih

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gambar berantakan atau tumpang tindih di zwcad, diantaranya;

  1. Menggunakan perintah Flatten
    Flatten merupakan sebuah perintah zwcad yang dapat digunakan untuk merubah nilai elevasi atau sumbu z ke titik 0. Perintah ini hanya bekerja pada entitas seperti garis, kurva dan polyline, namun tidak akan sepenuhnya bekerja pada objek dimensi.

Untuk menggunakannya; pertama pastikan view dalam keadaan pandangan atas kemudian ketik flatten (enter) > seleksi objek yang ingin dirubah nilai elevasinya > tekan enter untuk mengaplikasikannya. Maka secara otomatis objek yang terseleksi akan memiliki nilai elevasi 0.

  • Merubah nilai elevasi atau sumbu z melalui tabel properties
    Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk merubah elevasi ke titik 0 yaitu melalui tabel properties. Teknik ini dilakukan secara manual namun lebih dianjurkan ketika proses perubahan dengan perintah flatten tidak bisa bekerja. Pertama anda perlu menyeleksi semua objek yang terdapat di lembar kerja. Setelah itu pilih sesuai dengan kelompoknya. (lakukan perubahan yang sama pada entitas lainnya)

Anda juga perlu mengetahui bahwa setiap objek memiliki kontrol elevasi yang berbeda. Misalnya objek polyline dapat dilakukan perubahan melalui opsi elevation, sedangkan untuk objek arc atau circle dirubah melalui opsi center z.

Kami menyarankan kepada anda untuk merubah snap z dengan nilai 1 sebelum melakukan proses penggambaran, ketik osnapz (enter) > ganti nilainya menjadi 1 (enter). Dengan melakukan hal tersebut, maka akan mencegah terjadinya perubahan elevasi yang tidak diinginkan sewaktu menggambar.

Jika ada kesulitan lain mengenai ZWCAD, bisa kontak TIM Technical Support Piranusa cukup klik button whatsapp dibawah ini :

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!