Archicad adalah Software BIM Terbaik saat ini dari Graphisoft - Piranusa
Logo DarkLogo Light

Archicad adalah Software BIM Terbaik saat ini dari Graphisoft

archicad adalah

Archicad adalah software BIM terbaik yang banyak digunakan dalam arsitektur. Perangkat lunak satu ini bisa Anda gunakan dalam Windows maupun Macintosh yang mana dikembangkan oleh Graphisoft. Pembuatannya pun sudah ada sejak tahun 1982 oleh Macintosh Apple. Selain itu software satu ini diakui sebagai CAD yang  bisa digunakan pada komputer pribadi dan bisa digunakan untuk membuat gambar 2D maupun 3D yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Saat debut di tahun 1987 ini Archicad mengimplementasikan pertama BIM dengan konsep bangunan virtual. Archicad akan memungkinkan bagi penggunanya agar bisa bekerja sama dengan objek parametric data yang mana sudah disempurnakan.

Archicad adalah aplikasi atau software yang juga disebut sebagai objek cerdas dan banyak digunakan pengguna. Produk tersebut digunakan untuk membantu pengguna dalam membuat bangunan virtual dalam berbagai elemen dari struktur virtual seperti lantai, dinding, jendela, perabotan dan sebagainya.

Pengertian Archicad

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Archicad ini akan memungkinkan pengguna untuk bisa bekerja lebih baik dan juga nyaman. Terutama saat melakukan presentasi dengan gambar 2D dan 3D di layar. Gambar 2D ini bisa Anda ekspor setiap saat menggunakan model basis data yang biasa menyimpan 3D.

Lebih jelasnya Archicad adalah perangkat lunak BIM yang mana dikembangkan oleh Graphisoft.  Perangkat lunak sati ini membantu arsitek bekerja di dalam teknik arsitektur. Software ini juga bisa membantu para pengguna merancang bangunan dari konseptual sampai dengan konstruksi.

Versi Archicad

Software satu ini memiliki ikon gambar yang sama sejak versi ke-14. Versi software hanya akan dibedakan berdasarkan warnanya. Di versi 23 sebelum versi 24, versi tersebut lebih digunakan dalam meningkatkan kinerja yang mana membutuhkan proses penting seperti pembukaan file dan startup software. Archicad juga memungkinkan Anda bekerja di lingkungan dengan banyak proyek dan masih banyak lagi lainnya.

Gambar bangunan ini akan dicetak dalam bentuk hardcopy. Selain itu gambar juga akan muncul di layar startup program. Agar lebih mudah dalam penggunaannya, Archicad disupport menggunakan 27 pilihan bahasa yang tersedia. Setiap bahasa ini tidak hanya diterjemahkan pada tampilan awal saja namun juga pada konten arsitekturnya.

Archicad adalah software yang tidak hanya bisa digunakan secara mandiri namun juga bisa diintegrasikan ke dalam sistem Graphisoft. Misalnya saja adalah BIMx dan juga BIMcloud yang akan membantu pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan juga efisien. Selain itu digunakan untuk melakukan kolaborasi secara aman dengan kerja open BIM. Anda akan terbantu saat bekerja sama dengan pemangku kepentingan industri jika menggunakan software satu ini.

Spesifikasi Minimum

Karena Archicad adalah software yang berat maka untuk penggunaan tidak bisa sembarangan namun harus menggunakan spesifikasi yang sesuai dengan software tersebut.  Semakin tinggi versinya maka semakin tinggi pula spesifikasi komputer yang harus dimiliki. Berikut ini adalah beberapa spesifikasi minimum untuk bisa menjalankan aplikasi Archicad versi terbaru yang penting untuk Anda ketahui:

  • OS
    Bisa atau tidaknya komputer Anda dalam menggunakan Archicad tersebut sangat tergantung dengan OS atau Sistem Operasinya. Untuk versi terbaru Anda membutuhkan Windows 10, macOS 10.14, macOS 10.13 High Sierra dan yang terakhir adalah macOS 10.12 Sierra.

    Ada sistem yang mendukung namun tidak direkomendasikan seperti Windows 8.1, Windows 8, Windows 7, dan juga mac OS X 10.11 El Capitan. Jika menggunakan OS yang lebih baru maka Anda harus memeriksa kompatibilitas pada OS yang baru dan periksa pada pusat bantuan.
  • Hardware
    Selain OS, ada juga spesifikasi hardware yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Tanpa hardware yang mendukung Anda tidak bisa menjalankan software dengan lancar. Anda harus menggunakan prosesor 64 Bit dengan empat atau lebih core inti, RAM 16 GB atau untuk model yang rumit ini harus 32 GB. 

    Disarankan untuk menginstal aplikasi ini pada drive SSD dan diperlukan ruang kosong sebesar 5GB saat instalasi. Ruang kosong yang tersedia lebih besar akan lebih bagus.  Grafis yang diperlukan adalah yang kompatibel OpenGL 3.3 dimana didedikasikan dengan memori on board 1024 MB dan disarankan sepenuhnya dipakai.

Cara Mempelajari Archicad Lebih Baik

Sebelum Anda menggunakan Archicad sangat disarankan bagi Anda untuk mempelajari BIM secara umum lebih dahulu. Pahami pemahaman dasar dan juga berikan perspektif apa saja yang ingin Anda ciptakan untuk proyek Anda tersebut. Selain itu Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mempelajari Archicad lebih lanjut seperti di bawah ini:

  1. Perbaiki proyek lama
    Tips belajar Archicad adalah Anda bisa mengambil proyek lama, kemudian memperbaikinya. Hilangkan desain dan juga detail dari proyek tersebut. Hal ini digunakan untuk meningkatkan fokus Anda.

    Silahkan membuat ulang proyek Anda, agar Anda bisa mempelajari beberapa tugas atau cara yang bisa dilakukan di masa mendatang. Jika Anda pemula maka Ada bisa mencari saran dari para ahli. Saran dan pendapat mereka akan memudahkan Anda memahami tentang Archicad tersebut.
  2. Cari referensi video maupun audio
    Ada banyak sekali video di internet yang bisa dijadikan referensi. Daftar video pembelajaran juga akan terus bertambah setiap harinya. Penting bagi Anda untuk selalu menelusuri sumber dari video itu pastikan jika sumbernya terpercaya. Sumber video ini akan membantu step apa saja yang bisa Anda lakukan selanjutnya.
  3. Ikut training
    Supaya mahir Anda bisa mengikuti training berbayar. Memang ada beberapa orang yang bisa mempelajari software satu ini sendiri atau otodidak. Namun ada juga yang tidak bisa memahami Archicad lebih baik saat pembelajaran dilakukan secara pribadi. Jika hal tersebut terjadi pada Anda pastikan Anda ikut training untuk menambah skill. Tidak hanya itu saja Anda juga bisa menemukan mentor terbaik dan berpengalaman untuk bisa membagi pengetahuan dan juga pengalamannya kepada Anda.

Archicad adalah software yang mengusung teknologi BIM dan dibesarkan oleh Graphisoft supaya lebih mahir diperlukan ketekunan saat mempelajarinya, selain itu harus sering mencoba membuat proyek baru agar skill semakin berkembang. Untuk Anda yang ingin mencoba free trial atau ingin membeli software Archicad secara resmi bisa langsung hubungi piranusa.com sebagai Distributor Resmi Archicad Indonesia. Atau bisa langsung klik kontak whatsapp CS Piranusa di bawah ini ya :

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!