Mengenal CAD dan CAM, Beserta Tentang ZWCAD 2020 sebagai Solusi Terbaik

tentang zwcad

Sebelum beralih ke pengenalan CAD dan CAM, apakah Anda sudah tahu tentang ZWCAD?

Jika belum, mari kita buka bacaan hari ini dengan sedikit pengetahuan mengenai CAD dan CAM terlebih dahulu.

Computer-aided design (CAD) melibatkan pembuatan model komputer yang ditentukan oleh parameter geometris.

Model-model ini biasanya muncul pada monitor komputer sebagai representasi tiga dimensi dari suatu bagian atau sistem bagian.

Anda kelas dapat dengan mudah mengubahnya berdasarkan parameter yang relevan. 

Sistem CAD memungkinkan desainer untuk melihat objek di bawah beragam representasi dan menguji objek ini dengan mensimulasikan kondisi dunia nyata.

Sebaliknya, computer-aided manufacturing (CAM) menggunakan data desain geometris untuk mengontrol mesin otomatis. 

Sistem CAM dikaitkan dengan sistem kontrol numerik komputer (CNC) atau direct numerical control (DNC). 

Sistem ini berbeda dari bentuk kontrol numerik (NC) yang lama di mana data geometri dikodekan secara mekanis.

Karena CAD dan CAM menggunakan metode berbasis komputer untuk menyandikan data geometris, dimungkinkan proses desain dan pembuatan menjadi sangat terintegrasi. 

Desain dengan bantuan komputer dan sistem manufaktur biasanya disebut sebagai CAD/CAM.

Lebih lanjut tentang ZWCAD akan dijelaskan secara rinci di akhir bacaan.

ASAL CAD/CAM

CAD berawal pada tiga sumber terpisah, yang juga berfungsi untuk menyoroti operasi dasar yang disediakan sistem CAD. 

Sumber pertama CAD dihasilkan dari upaya untuk mengotomatiskan proses penyusunan.

Perkembangan ini dipelopori oleh General Motors Research Laboratories pada awal 1960-an. 

Salah satu keuntungan menghemat waktu dari pemodelan komputer dibandingkan metode penyusunan tradisional adalah bahwa yang pertama dapat dengan cepat diperbaiki atau dimanipulasi dengan mengubah parameter model.

Sumber kedua CAD dalam pengujian desain dengan simulasi. 

Penggunaan pemodelan komputer untuk menguji produk dipelopori oleh industri teknologi tinggi seperti dirgantara dan semikonduktor. 

Sumber ketiga pengembangan CAD dihasilkan dari upaya untuk memfasilitasi aliran dari proses desain ke proses manufaktur menggunakan teknologi numerical control (NC), yang menikmati penggunaan luas di banyak aplikasi pada pertengahan 1960-an. 

Sumber inilah yang menghasilkan hubungan antara CAD dan CAM!

Salah satu tren paling penting dalam teknologi CAD/CAM adalah integrasi yang semakin ketat antara tahap desain dan pembuatan proses produksi berbasis CAD/CAM.

Pengembangan CAD dan CAM—dan khususnya hubungan antara keduanya—mengatasi kelemahan NC dari segi biaya, kemudahan penggunaan, dan kecepatan.

Caranya adalah dengan memungkinkan desain dan pembuatan bagian yang akan dilakukan menggunakan sistem pengkodean data geometri yang sama. 

Inovasi ini sangat memperpendek periode antara desain dan pembuatan serta sangat memperluas ruang lingkup proses produksi yang dapat digunakan mesin otomatis secara ekonomis. 

Sama pentingnya, CAD/CAM memberi si perancang sebuah kontrol yang jauh lebih direct terhadap proses produksi, sehingga menciptakan kemungkinan desain dan proses manufaktur yang sepenuhnya terintegrasi.

Pertumbuhan pesat dalam penggunaan teknologi CAD/CAM setelah awal 1970-an dimungkinkan oleh pengembangan chip silikon yang diproduksi secara massal dan mikroprosesor, sehingga menghasilkan komputer yang lebih terjangkau. 

Ketika harga komputer terus menurun dan daya pemrosesan mereka meningkat, penggunaan CAD/CAM meluas dari perusahaan besar yang menggunakan teknik produksi massal skala besar ke perusahaan dengan semua ukuran. 

Ruang lingkup operasi yang diterapkan CAD/CAM diperluas juga, loh.

Selain membentuk bagian-bagian oleh proses alat mesin tradisional seperti stamping, pengeboran, dan penggilingan, CAD/CAM telah digunakan oleh perusahaan yang terlibat dalam memproduksi elektronik konsumen, komponen elektronik, plastik cetakan, dan sejumlah produk lainnya.

Dengan menggunakan CAD, sangat memungkinkan untuk mensimulasikan dalam tiga dimensi pergerakan bagian melalui proses produksi. 

Proses ini dapat mensimulasikan feed rate, angle, dan kecepatan peralatan mesin, posisi clamp penahan bagian, serta jangkauan dan kendala lain yang membatasi pengoperasian mesin. 

Pengembangan berkelanjutan dari simulasi berbagai proses manufaktur adalah salah satu cara utama di mana CAD dan sistem CAM menjadi semakin terintegrasi. 

Sistem CAD/CAM juga memfasilitasi komunikasi di antara mereka yang terlibat dalam desain, manufaktur, dan proses lainnya. 

Ini sangat penting ketika satu perusahaan mengontrak yang lain untuk mendesain atau memproduksi komponen.

Sumber: Inc.com

Tentang ZWCAD

Piranusa sebagai salah satu distributor ZWCAD terpercaya di Indonesia menawarkan ZWCAD sesuai kebutuhan pelanggan. 

Dapatkan solusi terbaik yang Anda cari!

Anda dapat berkonsultasi dengan kami selaku distributor ZWCAD terbaik serta perwakilan ZWSOFT Indonesia.

Seperti misalnya untuk perincian lebih lanjut tentang ZWCAD dan software-software lainnya seperti Adobe, Kaspersky, dan CAD Pockets.

Kunjungi situs kami di piranusa.com, dan tentukan kebutuhan desain Anda mulai dari sekarang!


Leave A Reply

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!