Evolusi Sejarah CAD Software Hingga Saat Ini

sejarah cad software

Sejarah CAD software – Computer-Aided Design, atau yang biasa disebut CAD, digunakan dalam berbagai bidang untuk secara akurat merancang dan mengedit struktur, komponen, dan banyak aplikasi lainnya.

Apa yang sebelumnya dilakukan dengan menggunakan pensil dan kertas diganti seiring waktu dengan pengembangan dan adopsi komputer. 

Faktanya, sejarah CAD sangat mirip dengan sejarah computer.

Sejarah CAD software yang panjang memungkinkan program dan teknik yang lebih maju karena kekuatan pemrosesan komputer tumbuh selama bertahun-tahun.

Gagasan desain berbantuan komputer tumbuh dari desain 2D sederhana menjadi struktur 3D yang rumit dan berlapis-lapis dengan detail meta-data dan gerakan kinematik. 

Ketepatan, fleksibilitas, dan pengeditan yang ditawarkan oleh perangkat lunak CAD merevolusi industri arsitektur, teknik, dan manufaktur.

Sejarah CAD software

60 tahun yang lalu, Dr. Patrick Hanratty menciptakan program yang disebut PRONTO, yang merupakan sistem pemrograman kontrol numerik pertama. 

Program ini dianggap sebagai asal di mana semua perangkat lunak CAD dibangun. 

Beberapa tahun kemudian, Ivan Sutherland mengembangkan perangkat lunak yang disebut Sketchpad, yang merupakan perangkat lunak CAD pertama yang menggunakan total antarmuka pengguna grafis (GUI). 

Pengguna akan menggambar dengan pena cahaya pada tampilan pointer xy, memungkinkan batasan properti dalam membuat “objek” atau “instance.”

Terobosan besar berikutnya datang pada tahun 1971 dalam bentuk program yang sangat sukses secara komersial yang disebut ADAM, yang juga dikembangkan oleh Dr. Hanratty. 

ADAM adalah desain grafis interaktif, penyusunan dan sistem manufaktur yang ditulis menggunakan Fortran dan dirancang untuk bekerja pada setiap mesin. 

Dalam sejarah CAD software,

ADAM terus diperbarui agar kompatibel dengan sistem 16 dan 32 bit, dan sebagian besar program CAD mulai hari ini dapat ditelusuri kembali ke ADAM.

Pada tahun 1980, format file spesifik yang disebut IGES dibuat untuk memungkinkan pengguna mentransfer desain 3D mereka antara program perangkat lunak CAD.

IGES diganti pada tahun 1994 dengan format file STEP, yang menjadikannya standar internasional.

Periode 1980-an melihat pengenalan beberapa program CAD yang masih digunakan sampai sekarang, seperti CATIA, AutoCAD, dan Pro/Engineer (sekarang PTC Creo)—berkontribusi terhadap sejarah CAD software

AutoCAD, dibuat oleh Autodesk, adalah perangkat lunak CAD 2D pertama yang dibuat untuk PC, bukan komputer mainframe atau minicomputer.

Pro/Engineer adalah program CAD arus utama pertama yang mengambil konsep intuitif Sketchpad dan menghidupkannya, berdasarkan model solid, fitur berbasis sejarah, dan penggunaan kendala. 

AutoCAD dengan cepat menjadi standar untuk pemodelan 3D karena ditulis dalam UNIX’s X-Windows, membuatnya lebih cepat dan lebih ramah pengguna.

Pada tahun 1995, Dassault Systemes menciptakan SolidWorks, perangkat lunak lain yang menekankan kemudahan penggunaan dan memungkinkan lebih banyak insinyur untuk memanfaatkan teknologi CAD 3D.

Saat ini, banyak program CAD telah pindah ke cloud, memungkinkan akses file yang selaras antar pengguna. Inovasi modern lainnya termasuk mengembangkan aplikasi CAD seluler, dan beberapa program CAD seperti OnShape sepenuhnya berbasis cloud.

Sejarah CAD software juga ditandai dengan kehadiran ZWCAD, salah satu software CAD yang juga banyak dicari pengguna CAD. (baca juga : Aplikasi CAD Terbaik)

Tentang Kami

Piranusa sebagai salah satu distributor ZWCAD terpercaya di Indonesia menawarkan ZWCAD sesuai kebutuhan pelanggan. 

Dapatkan solusi terbaik yang Anda cari!

Anda dapat berkonsultasi dengan kami selaku distributor ZWCAD lokal terbaik di Indonesia.

Seperti misalnya untuk perincian lebih lanjut mengenai ZWCAD.

Kunjungi situs kami di piranusa.com, dan tentukan kebutuhan desain Anda mulai dari sekarang!


×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!