Apa itu BIM? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

apa itu bim

Apa itu BIM – Saat ini BIM ini menjadi perhatian khusus dari industri konstruksi. Bahkan banyak instansi pemerintah yang mana mewajibkan kepada para konsultan untuk bisa menerapkan konsep ini dalam pengerjaan proyek mereka.

Lalu apa itu BIM?

Bagaimana cara menerapkan BIM ke dalam proyek? Banyak yang salah dalam memahami BIM ini dimana mereka menganggap bahwa BIM hanya sekedar untuk menampilkan model tiga dimensi saja. Padahal model tiga dimensi dalam BIM mengandung informasi bangunan yang berguna dalam proses pengerjaan proyek Arsitektur.

Pengertian BIM

Apa itu BIM? BIM sendiri adalah singkatan dari Building Information Modeling. Meski sedang hype dan ngetrend namun baru sedikit orang yang tahu apa itu maksud dan juga definisi dari BIM tersebut. Maka tidak mengherankan jika setiap harinya banyak orang yang bertanya apa itu BIM.

Beberapa orang akan bilang atau mengatakan jika BIM ini adalah software. Ada juga yang mengatakan bahwa BIM ini merupakan 3D model virtual yang berasal dari sebuah bangunan. Sebagian lainnya mengatakan jika BIM ini merupakan proses dan juga koleksi dari semua data. Data bangunan yang ada akan disusun dalam struktur database kemudian diurutkan secara baik entah itu visual maupun numeriknya.

Banyaknya pendapat tentang BIM semakin banyak orang yang gagal paham dengan BIM tersebut. Menurut kajian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa BIM ini masuk ke dalam term tentang BIM maka semuanya akan bisa dimulai dengan model 3D bangunan. Model ini bagaimanapun lebih jauh dari hanya sekedar geometri murni.

bim

Model BIM terdiri dari beberapa bagian bangunan aktual. Selain itu juga berupa potongan-potongan yang digunakan untuk bisa membangun sebuah bangunan. Elemen yang cerdas ini merupakan prototipe digital dari elemen bangunan fisik lainnya seperti kolom, jendela, pintu dan juga finding. BIM akan memungkinkan Anda untuk bisa menyimulasikan bangunan dan juga memahami perilaku melalui simulasi yang dilakukan secara digital dan menggunakan parameter.

BIM di Era Digital

Saat ini adalah era digital, sudah banyak mobile teknologi yang muncul misalnya adalah smartphone, portable device, VR dan AR, tablet. Ada juga pemanfaatan sejenisnya untuk BIM. Hal tersebut membuat BIM ini telah keluar dari lingkaran para profesional.

Banyak klien, pemilik bangunan dan juga operator yang memperoleh kemudahan dalam mengakses model BIM tersebut melalui perangkat mobile yang mereka miliki, tanpa perlu menginstal aplikasi maupun software BIM terlebih dahulu.

Desain gambar bangunan tradisional ini biasanya akan bergantung pada dua dimensi yaitu rencana, ketinggian, bagian dan lain sebagainya. BIM juga akan membangun pemodelan informasi memperluas tiga dimensi berupa lebar, tinggi maupun kedalaman, selain itu juga menggabungkan informasi tentang waktu disebut dengan BIM 4D, biaya BIM 5D, dan yang terakhir adalah manajemen aset yang berkelanjutan yaitu BIM 7D dan sebagainya.

BIM ini mencakup hubungan spasial, informasi geospasial, jumlah dan juga sifat komponen bangunan misalnya adalah desain manufaktur dan juga memungkinkan berbagai macam proses kolaboratif yang mana berhubungan dengan aset. Dimulai dengan perencanaan awal sampai dengan konstruksi kemudian sepanjang masa operasi.

apa itu bim

Keuntungan Implementasi BIM

Saat ini dunia konstruksi ini mengalami banyak inefisiensi. Dokumentasi bangunan ini masih mengandalkan media cetak sehingga membuat informasi bangunan bisa hilang. Media cetak ini rentan mengalami kerusakan akibat penyimpanan yang tidak teratur dan juga susah untuk direplikasi. Informasi yang tersedia pun tidak bisa terpisah-pisah. Dokumen oleh konsultan arsitektur ini bisa berbeda akibat perubahan yang terjadi di lapangan.

Dokumen di lapangan ini juga bisa mengalami perubahan bahkan tidak menggambarkan bangunan yang telah dibangun. Oleh sebab itu BIM dalam konstruksi ini memiliki peran yang penting. Ada beberapa keuntungan dan juga manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengimplementasikan BIM seperti berikut ini:

1. Koordinasi dan kolaborasi yang efektif

Keuntungan BIM yang pertama adalah Anda akan mudah untuk melakukan koordinasi dan juga kolaborasi. Dimana hal ini bisa dilakukan antar stakeholder proyek yang jauh lebih efektif.  Integrasi data ini menjadi kunci kesuksesan dalam menerapkan BIM. Proses drafting ini juga lebih cepat dikarenakan BIM ini memiliki keluwesan yang tinggi.

Tidak ada software BIM yang tidak menawarkan konsep kolaborasi. Konsep ini mutlak dan juga sebagai core utama di dalam fungsi tools tersebut. Kolaborasi ini menjadi cara kerja yang sangat digemari oleh milenial saat ini. Bisa dikatakan bahwa jika software belum bisa melakukan kolaborasi maka software tersebut belum sepenuhnya nge-BIM.

2. Efektif dan menekan biaya produksi

Perangkat BIM ini memiliki integrasi harga dengan komponen material bangunan. Dengan melakukan input harga dalam informasi material, BIM ini bisa mengeluarkan hitungan RAB kasar dan tepat.

Dengan adanya perangkat BIM ini 33% proyek akan bisa selesai dengan biaya yang lebih rendah karena tidak ada pengeluaran yang tidak efisien. Tidak hanya itu saja sebanyak 50% proyek akan lebih cepat selesai karena kolaborasi antar pelaksana proyek yang mana menjadi lebih efektif.

Salah satu software BIM terbaik adalah Archicad (untuk lebih tau tentang Archicad, bisa baca Apa Itu Archicad) Merupakan software BIM CAD yang dikembangkan oleh Graphisoft.

Hal yang membuat konstruksi lebih hemat dengan BIM ini karena adanya kolaborasi sehingga dipastikan semua masalah bisa lebih mudah terdeteksi di awal bisa menghemat waktu dan juga biaya Anda.

3. Visualisasi lebih terarah

Dengan menggunakan BIM Anda bisa membuat visualisasi lebih terarah dan terukur lebih mudah. Sinkronisasi model BIM ini menjadi dasar visualisasi yang mutlak. Di masa saat ini tidak ada gambaran visual yang mana tidak mencerminkan keadaan virtual yang direncanakan.

4. Modeling lebih kaya

Saat tahu apa itu BIM maka Anda bisa menyimpulkan bahwa manfaat menggunakan BIM ini adalah Anda bisa membuat modeling yang lebih kaya. Modeling gambar di BIM sehingga harus bisa memasukkan data yang lengkap supaya bisa berguna ke BIM selanjutnya.

Kini Anda sudah tahu apa itu BIM dan juga manfaatnya, mungkin Anda juga harus kenal dengan salah satu software BIM seperti Archicad. Atau Anda sudah tau tentang Archicad, dan ingin mencoba Free Trial dari Archicad? Bisa langsung hubungi Piranusa.com sebagai Distributor Resmi Archicad Indonesia. Cukup hubungi CS Piranusa dengan klik Button Whatsapp dibawah ini ya.

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!