Beberapa Alternatif CAD yang Bisa Anda Coba

alternatif cad

Beberapa Alternatif CAD yang bisa Anda Coba – Jika Anda adalah pengguna AutoCAD yang ingin mencari alternatif CAD lain,

Anda tentunya ingin produk yang tidak hanya sama berkualitas tetapi juga terjangkau.

AutoCAD sebagai produk unggulan dari sebuah raksasa industri bidang software perancang Autodesk telah banyak membantu orang untuk mendesain produk, bangunan, manufaktur, konstruksi, dan infrastruktur sipil.

Tetapi di samping AutoCAD, sudah ada banyak alternatif CAD yang mulai dilirik di pasaran.

Hal ini dikarenakan AutoCAD memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan program serupa lainnya.

Padahal banyak mahasiswa pengguna CAD Professional yang bekerja dengan anggaran terbatas telah menggunakan AutoCAD berkat berbagai fitur dan keserbagunaan AutoCAD sejak tahun 1982.

Namun, sejak Autodesk tidak lagi menawarkan lisensi permanen untuk AutoCAD dan memutuskan untuk mengalihkan lisensinya ke basis langganan sebagai gantinya,

keadaan ini terpaksa membuat pengguna memikirkan cara lain atau mencari alternatif. 

Mungkin Anda salah satunya juga?

Kami sudah siapkan beberapa alternatif CAD yang layak dengan infrastruktur pendukung yang serupa dan fungsi kritis.

Sedikit catatan di awal: tantangan dalam menentukan alternatif AutoCAD yang layak bisa jadi sedikit sulit karena pasar yang dibanjiri oleh banyak sekali tiruan. 

Jadi pilihlah mana yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

1. BricsCAD

Platform alternatif CAD ini dikenal dengan fitur jangkauannya dan memiliki beberapa fitur yang sudah dikenal, termasuk aplikasi .dwg asli.

Jika Anda terbiasa dengan versi 2008 AutoCAD, BricsCAD memiliki antarmuka yang agak mirip,

ditambah fitur yang kaya dalam desain 2D dan pemodelan langsung 3D. 

Anda dapat menggunakannya dengan sistem operasi utama seperti macOS, Windows, dan Linux,

dan ratusan aplikasi pihak ketiga dari seluruh dunia, yang didasarkan pada .dwg.

BricsCAD lebih terjangkau dengan tiga edisi:

Klasik, Pro, dan Platinum. BricsCAD juga terintegrasi dengan cloud, memiliki mesin render yang kuat, mengenali XREFS, dan dapat disesuaikan.

Tetapi, di satu sisi, BricsCAD memiliki fitur terbatas dan termasuk lambat dalam menjalankan file gambar dengan ukuran besar.

2. DraftSight

Draftsight adalah alternatif CAD kelas profesional yang dirancang untuk pengguna yang mencari cara yang lebih baik untuk membaca, menulis, dan berbagi file .dwg.

Dari pengguna CAD profesional hingga pendidik dan mahasiswa, DraftSight tersedia untuk unduhan dan aktivasi gratis dalam beberapa menit saja. 

Piranti ini juga berjalan pada beberapa platform OS termasuk Winodws XP/Vista/7.

Melalui antarmuka pengguna yang jelas, Anda dapat membuat revisi yang akurat, membuat G-Code langsung di program, dan menyimpan serta membuka file DXF dan DWG. 

Software satu ini juga memiliki perpustakaan desain besar di mana Anda dapat menggunakan desain yang ada, melakukan pencetakan batch, dan juga mengakses rekaman makro.

Sayangnya, per 1 Jan 2019 tidak ada yang free di DraftSight: alias, semuanya berbayar, jadi mungkin kurang cocok untuk mahasiswa.

Tenang… ada ZWCAD sebagai alternatif 2D & 3D CAD Software yang lebih murah dibanding DraftSight. Dapatkan Promo 50% ZWCAD bagi pengguna DraftSight hanya sampai 31 Maret 2020. Klik banner dibawah ini untuk klaim promo-nya ya.

Untuk bisnis, DraftSight menawarkan tiga paket: Profesional, Premium, dan Perusahaan, dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketika Anda upgrade, alatnya akan mulai bersaing dengan AutoCAD untuk menawarkan kemampuan canggih jika Anda bersedia membayar lebih untuk fitur-fitur ini.

3.ZWCAD

ZWCAD adalah solusi CAD yang kompatibel dengan format berkas DWG yang dikembangkan oleh ZWCAD Software (ZWSOFT). 

Software satu ini memberikan fitur yang tidak kalah inovatif, kolaboratif dan dapat disesuaikan untuk insinyur dan desainer dalam memudahkan proses desain. 

ZWCAD sekarang tersedia dalam 15 bahasa, termasuk bahasa Cina Sederhana dan Tradisional, Ceko, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Spanyol, Korea, Polandia, Portugis, Spanyol, Rusia dan Turki.

Fitur ZWCAD untuk CAD arsitektur mencakup Gambar 2D, Model 3D, Perpustakaan Simbol Arsitektur, Tampilan Perbandingan, dan Drafting.

Kelebihan alternatif CAD yang satu ini adalah kesesuaiannya yang hampir persis seperti AutoCAD karena antarmuka yang sama dan kompatibilitas 100%, tetapi dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Upgrade juga dimungkinkan setelah bertahun-tahun.

Saat ini, PT Piranti Nusantara Teknologi telah ditunjuk sebagai distributor resmi ZWCAD di Indonesia.

Tentunya bagi Anda yang sedang mencari pengganti AutoCAD, Anda dapat menjadikan piranti lunak satu ini sebagai pilihan utama!

Anda tidak hanya akan mendapatkan produk berlisensi orisinal, tetapi juga harga kompetitif yang sebanding dengan apa yang akan didapat.

Leave A Reply

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!