Apa itu Archicad, ketahui lebih detail software bim terbaik - Piranusa.com
Logo DarkLogo Light

Apa itu Archicad, ketahui lebih detail software bim terbaik

apa itu archicad

Apa itu Archicad ? Software BIM CAD yang banyak digunakan pada bidang arsitektur – perangkat lunak yang dapat anda gunakan di Windows dan Macintosh yang dikembangkan oleh Graphisoft. Pembuatannya sendiri sudah ada sejak tahun 1982 oleh Macintosh Apple.

Software satu ini juga sudah diakui sebagai CAD pertama yang bisa digunakan di komputer pribadi dan bisa membantu pengguna untuk membuat gambar dalam 2D dan 3D sesuai kebutuhan.

Dalam debutnya sejak tahun 1987, ArchiCad juga mempunyai implementasi pertama BIM yang menggunakan Graphisoft menggunakan konsep bangunan virtual. Jika anda penasaran apa itu ArchiCad? Anda bisa mempelajari selengkapnya di artikel ini. (Lihat Lainnya : Software BIM Terbaik )

Dalam hal ini ArchiCad memungkinkan pengguna untuk bekerja sama dengan objek parametric data yang sudah disempurnakan, bahkan aplikasi satu ini juga sering disebut dengan objek cerdas oleh banyak pengguna. Hal tersebut berbeda dari gaya operating system CAD lain yang dibuat pada tahun 1980.

Produk tersebut membantu pengguna untuk membuat bangunan virtual dengan beberapa elemen struktur virtual seperti lantai, dinding, jendela, perabotan, atap, pintu, dan masih banyak lainnya.

Apa itu ArchiCad?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika ArchiCad memungkinkan pengguna untuk bekerja lebih baik dan nyaman dalam membuat representasi gambar di 2D ataupun 3D di layar anda. Gambar 2D juga bisa anda ekspor setiap saat meskipun model dalam database program biasanya menyimpan data 3D. 

Untuk lebih jelasnya ArchiCad merupakan perangkat lunak BIM yang dikembangkan oleh Graphisoft yang membantu arsitek dalam bekerja di dunia konstruksi ataupun teknik arsitektur. Membantu para penggunanya untuk merancang bangunan mulai dari fase konseptual hingga konstruksi.

ArchiCad juga memungkinkan pengguna untuk bekerja di bidang BIM. Software cerdas satu ini bisa bekerja di dua platform, seperti Windows dan MacOs – platform tersebut tidak mempunyai perbedaan signifikan. Anda harus tahu jika versi terbaru ArchiCad akan dirilis setiap tahunnya dan versi terbarunya juga bisa anda download sendiri. Untuk mengunduh software satu ini melalui sumber terpercaya.

Apa saja versi ArchiCad

ArchiCad mempunyai gambar ikon yang sama bahkan sejak versi ke 14. Versi software satu ini hanya dibedakan berdasarkan warnanya. Pada versi 23 sebelum versi 24 yang terbaru, versi tersebut lebih mementingkan dalam hal peningkatan kinerja yang membutuhkan proses-proses penting seperti pembukaan file, startup software, and bekerja di lingkungan multi-proyek dan masih banyak lainnya. (Lihat lainnya : Fitur Archicad 24 )

Setiap versi ArchiCad mempunyai gambar bangunan yang dirancang di ArchiCad. Gambar bangunan akan dicetak dalam bentuk hardcopy dan akan muncul di layar startup program. Banyak hal yang bisa anda pelajari dalam software satu ini.

Untuk penggunaan, ArchiCad memiliki 27 pilihan bahasa yang tersedia. Setiap bahasa tak hanya diterjemahkan di tampilan awal saja, namun pada konten arsitektur dan alat defaultnya juga bisa disesuaikan pada pasar lokal.

ArchiCad bisa digunakan secara mandiri namun bisa terintegrasi erat ke dalam system Graphisoft termasuk solusi seperti BIMx dan BIMcloud untuk membantu pekerjaan anda lebih efisien dan melakukan kolaborasi dengan lancar menggunakan kerja open BIM yang membantu anda untuk bekerja sama dengan pemangku kepentingan industri.

Beberapa kelebihan software ArchiCad

Terdapat beberapa kelebihan ArchiCad yang bisa anda simak di bawah ini:

  • Untuk kemudahan proses menggambar, setiap lantai akan dipisahkan per layer secara otomatis sehingga memudahkan anda dalam bekerja
  • Software satu ini memang cukup gampang dipelajari, banyak buku referensi yang bisa anda gunakan, mengikuti pelatihan formal, dan bergabung dengan berbagai komunitas
  • Jika anda menggunakannya untuk presentasi, maka anda bisa gunakan fasilitas render dengan kualitas mumpuni, dengan output berbentuk movie ataupun image. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Graphisoft sudah mengeluarkan software renderer khusus bernama Artlantis yang mampu merender format gambar anda. Software satu ini juga sudah dipenuhi dengan berbagai fasilitas, seperti fasilitas yang membantu anda dalam proses pembuatan animasi pasif dari gambar yang sudah anda buat terlebih dahulu.
  • Gambar yang dihasilkan bisa berupa 3D dan 2D seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Kedua output tersebut akan selalu aktif secara bersamaan dan saling terhubung satu sama lain. Artinya anda juga bisa membuat gambar di window apapun, masing-masing window juga akan selalu update satu sama lain secara otomatis.
  • Objek sudah dilengkapi dengan parameter ukuran yang terbilang sangat detail, memudahkan anda untuk mendapatkan proyek dengan ukuran yang lebih fleksibel.
  • Software satu ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penghitungan Bill of Material atau RAB, formatnya juga sangat bagus dan bisa diterima oleh kontraktor ataupun arsitek.
  • Fasilitas GDL membantu proses pembuatan objek dengan menggunakan bahasa pemrograman. Hal tersebut sangat mirip ketika anda menggambar objek dengan program Pascal atau bahasa C. Dalam hal ini bahasa GDL lebih sederhana dan mudah digunakan. Dikarenakan objek akan didefinisikan dengan bahasa pemrograman, maka ukuran file menjadi lebih kecil karena hanya bisa memuat teks saja. Oleh karena itu sangat mudah jika disebarluaskan atau distribusikan.
  • Sangat berbeda jika anda ingin membagi objek yang ingin anda kirim menggunakan software lainnya, filenya akan terlalu besar sehingga anda akan susah mengirimnya. Konsepnya memang hampir mirip dengan konsep penggambaran objek dengan menggunakan adanya software PDMS. Software khusus yang digunakan dalam membuat platform kilang pengeboran minyak yang hasil gambarnya juga berupa text.

Nah setelah anda mengetahui Apa itu Archicad, dan keunggulan apa saja yang bisa dapatkan, anda bisa mulai mempelajarinya dan mencoba software Archicad dengan membeli secara resmi di piranusa.com

Kenapa beli Archicad di piranusa.com? Karena Piranusa merupakan Distributor Resmi Archicad di Indonesia. Anda bisa langsung menghubungi CS Piranusa melalui button Whatsapp dibawah ini ya:

×

Halo!

Klik tombol di bawah ini untuk mengobrol dengan kami di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Hubungi Kami!